Belajar Online

Sumber Energi Panas

 


Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas terbesar adalah Matahri.
Energi panas juga dapat dihasilkan dari gesekan antara dua benda, dan api yang dihasilkan dari korek dan kompor.

Perbedaan Suhu dan Panas

Dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.  Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer.

Akibat Perubahan Suhu

Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda.

Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas.

Tetapi sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.

Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pemasangan Kaca Jendela
  • Ban Sepeda/Motor dan Mobil
  • Kawat/kabel Listrik dan Telepon
  • Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
  • Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api
  • Penggunaan Termometer

2 komentar untuk " Sumber Energi Panas"

  1. Caesars Palace | MapyRO
    Explore 1 Caesars Palace Blvd New London, UK, 하남 출장안마 United Kingdom. 경상북도 출장안마 Check Mapyro, compare and 오산 출장마사지 book 부산광역 출장마사지 Caesars Palace from Mapyro. 서울특별 출장마사지

    BalasHapus
  2. For much more storage capacity, this rack may be combines with our steel sheet forklift rack. With the Laser-Cut Collection, designers can seamlessly divide areas with a reflective natural steel or a daring colourful sample using a sturdy and value efficient material answer. Kylee07drg June 25, 2012 @shell4life - Metal roofs can be engaging, too. My mother had her roof put in by a steel sheet provider who provided a singular type Hookless Shower Curtains of steel roof tile.

    BalasHapus